A. Pengenalan Terhadap Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Pengertian manajemen adalah proses kegiatan dan pendayagunaan sumbersumberserta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai : Wadah sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Sedangkan, tata kerja merupakan cara untuk melaksanakan kegiatan itu dengan benar dan berhasil sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia guna mencapai tingkat efisiensi yang maksimal.
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.
B. Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a) Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
b) Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c) Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini : Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Mahasiswa yang lulus dengan gelar Master of Manajemen Sumber Daya Manusia akan dapat:
- Melakukan perencanaan sumber daya manusia yang efektif
- Jelaskan pentingnya lingkungan organisasi internal dan eksternal dan dampak dari hubungan timbal balik mereka pada fungsi sumber daya manusia
- Jelaskan proses analisis pekerjaan, staf, penilaian dan kompensasi, pelatihan karir, dan pengembangan
- Mengidentifikasi sistem penilaian kinerja dan kritis mengevaluasi berbagai pro dan kontra
- Pelajari cara untuk mengelola / mempertahankan modal manusia dalam organisasi
- Diskusikan sejarah serikat pekerja-manajemen hubungan
- Memanfaatkan berbagai proses dan alat untuk tawar-menawar, negosiasi, dan perselisihan menyelesaikan
- Mengembangkan komunikasi tertulis dan lisan yang efektif konsisten dengan bisnis dan lingkungan profesional Terapkan teknologi informasi yang sesuai untuk menganalisis masalah dan isu-isu, mengembangkan penelitian bisnis, data laporan utama, dan merekomendasikan strategi manajemen dan rencana aksi
- Menginterpretasikan dan menerapkan prinsip-prinsip sumber daya manusia di pengaturan global
- Jelaskan sejarah teori-teori dan konsep dalam manajemen sumber daya manusia dan bidang terkait dan menerapkannya dalam situasi yang tepat
- Mengevaluasi isu-isu etika, sosial, sipil, budaya, dan politik sebagai mereka berhubungan dengan lingkungan di t manajemen sumber daya manusia
http://www.masterstudies.co.id/Pasca-sarjana-S2/Bisnis-Ekonomi-dan-Administrasi/Personalia/Magister-Personalia/Pakistan/University-of-Management-and-Technology-Pakistan/Master
http://windsaga.blogspot.com/2011/03/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html
http://jonathanoize.blogspot.com/2011/04/hubungan-timbal-balik-antara-manajemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar